Gempa 5,2 SR Guncang Samosir

Farida Noris    •    Selasa, 11 Jul 2017 10:27 WIB
gempa bumi
Gempa 5,2 SR Guncang Samosir
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Gempa bumi tektonik berkekuatan 524 Skala Richer (SR) mengguncang wilayah Timur Laut Samosir, Sumatera Utara, Selasa 11 Juli 2017. Gempa yang terjadi pukul 08.24 WIB itu tidak berpotensi merusak.

Kabid Data dan  Informasi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Syahnan mengatakan, wilayah berpotensi terdampak goyangan lemah antara lain Pematang Siantar, Parapat, Medan, Sidikalang, dan Sibolga. Goncangan terjadi pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

"Hasil analisis update BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.67 LU dan 98.85 BT, tepatnya di darat pada jarak 8 kilometer arah timur laut Samosir pada kedalaman hiposenter 152 kilometer," kata Syahnan, Selasa 11 Juli 2017.

Menurut Syahnan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan hiposenter 152 kilometer. Hiposenter berada di kedalaman 152 kilometer, maka ini disebut sebagai gempa menengah.

"Hingga laporan ini disusun, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada warga Sumatera Utara dan sekitarnya, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.


(NIN)