Ribuan Rumah di Medan Terendam Banjir

Farida Noris    •    Sabtu, 16 Sep 2017 10:35 WIB
banjir
Ribuan Rumah di Medan Terendam Banjir
Banjir merendam sedikitnya 1.462 rumah di empat kelurahan di Kota Medan. Foto: MTVN/Farida Noris

Metrotvnews.com, Medan: Banjir merendam sedikitnya 1.462 rumah di empat kelurahan di Kota Medan. Banjir dipicu hujan lebat yang beberapa hari terakhir melanda wilayah Kota Medan, Sumatera Utara.

"Curah hujan yang begitu tinggi menyebabkan daerah aliran sungai Babura mengalami kenaikan. Ketinggian banjir berkisar 30- 60 cm," ucap Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Muhammad Yunus, Sabtu 16 September 2017.

Berdasarkan data yang diperoleh, banjir melanda pemukiman warga di Kwala Bekala, Medan Johor sebanyak 175 rumah dan berdampak ke 200 KK; Sei Mati, Medan Maimun (392 rumah, 546 KK); Aur, Medan Maimun (825 rumah, 889 KK); dan Beringin, Medan Selayang (70 Rumah, 80 KK).

BPBD telah menempatkan personil Tim Reaksi Cepat di lokasi banjir untuk memantau dan mendata lebih lanjut. Tim juga bakal berkoordinasi dengan kecamatan, kelurahan dan lingkungan.


BPBD Medan mengevakuasi warga yang terdampak banjir. Foto: MTVN/Farida Noris

"Sebagian warga masih bertahan di rumah masing-masing. Tapi kita sempat melakukan evakuasi. Debit air sudah mulai mengalami penurunan," pungkasnya.

Selain itu, tim BPBD juga menurunkan perahu kota sebanyak dua unit di lokasi Gang Merdeka Medan Maimun dan pemberian tikar serta selimut bagi pengungsi di Mesjid Mutaqin Jalan Luku, Kuala Bekala, Medan Johor. Sebanyak

"Sumlah lebih kurang 11 KK atau 41 jiwa sudah mulai kembali ke rumah masing-masing," bebernya.


(SUR)