Pantai Lumban Bulbul, Hamparan Pasir Putih di Tepian Danau Toba

Budi Warsito    •    Selasa, 15 Aug 2017 12:43 WIB
festival danau toba
Pantai Lumban Bulbul, Hamparan Pasir Putih di Tepian Danau Toba
Suasana Pantai Lumban Bulbul di tepian Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir. (Metrotvnews.com/dok Pemkab Toba Samosir)

Metrotvnews.com, Medan: Yang pertama kali terlintas ketika mendengar 'pantai' adalah kata 'laut'. Namun, tepian dari hamparan peraian tawar juga berhak menyandang sebutan pantai. Seperti Pantai Lumban Bulbul, di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Yang cukup istimewa, pasir di Pantai Lumban Bulbul berwarna putih. Keistimewaan itu sengaja dihadirkan oleh pemerintah daerah setempat. Tujuannya, untuk menopang upaya pemenuhan target 1 juta wisatawan pada 2019.

Kepala Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tobasa Ultri Simangunsong menyebut pihaknya menargetkan Pantai Lumban Bulbul menghampar sekitar 500-2.000 meter. "Ini menarik karena sebuah danau memiliki pantai yang pasirnya putih," kata Ultri kepada Metrotvnews.com, Selasa, 15 Agustus 2017.



Dalam perencanaan, Pemkab Tobasa juga menyiapkan taman bunga, lintasan lari, dan aneka fasilitas lain penunjang pariwisata. Ultri menyebut pembangunan kawasan Danau Toba di wilayahnya melibatkan berbagai instansi. Termasuk, melibatkan masyarakat setempat.

"Karena kita membangun pariwisata berbasis masyarakat,” jelasnya.

Selain pantai pasir putih, Pemkab Tobasa tengah mempersiapkan beberapa desa adat yang akan dijadikan desa wisata. Yakni, Desa Adat Ragi Hotang di Meat, Kecamatan Tampahan; Desa Adat Hutagaol Sihujur di Kecamatan Silaen; dan Desa Hutapea, Kecamatan Laguboti.

"Desa adat itu pertama kita lestarikan, kalau memungkinkan dijadikan pariwisata budaya. Kami juga akan membuat perda atau perbup tentang desa adat," papar Ultri.


(SAN)