Kemarau Landa Aceh Hingga Akhir Agustus

Nurul Fajri    •    Rabu, 26 Jul 2017 12:48 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Kemarau Landa Aceh Hingga Akhir Agustus
Kabut asap tampak di wilayah Aceh Barat, Aceh, Selasa (25/7/2017). (Metrotvnews.com/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kemarau yang melanda Aceh akan terjadi hingga akhir Agustus 2017. Musim kemarau ini menyebabkan cuaca sangat panas dengan suhu rata-rata mencapai 38 derajat celcius.

Kepala seksi Data dan Informasi BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Zakaria mengatakan, musim kemarau melanda hampir seluruh Aceh. Memasuki awal September nanti, kata dia wilayah Aceh baru mulai terjadi pancaroba (pengalihan musim kemarau ke musim penghujan).

"Meski demikian, selama musim panas terjadi, ada potensi hujan turun di beberapa wilayah, namun tidak lama," kata Zakaria kepada Metrotvnews.com, Rabu 26 Juli 2017.

Potensi hujan turun di daerah Banda Aceh, Sabang, Pidie, dan Pidie Jaya dengan intensitas hujan ringan. Sementara wilayah Aceh bagian tengah juga memiliki potensi turun hujan dengan intensitas sedang. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama dan tidak berpengaruh pada musim kemarau ini.

Sementara wilayah barat selatan Aceh, seperti Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya juga berpotensi turun hujan. Namun karena banyaknya lahan gambut di daerah tersebut membuat kebakaran lahan masih terus terjadi selama musim kemarau.


(ALB)