19 Pengungsi Rohingya Diwawancara untuk Pindah ke AS

Budi Warsito    •    Selasa, 22 Nov 2016 17:00 WIB
rohingya
19 Pengungsi Rohingya Diwawancara untuk Pindah ke AS
Aktivitas warga Rohingya di penampungan di Medan, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Sebanyak 19 pengungsi asal Rohingya, Myanmar, tiba di Hotel Beraspati, Medan, Sumatera Utara, Selasa siang 22 November. Sebelumnya mereka ditampung di Lhokseumawe dan Kota Langsa, Aceh.

Kepala Sub Pengawasan Orang Asing Imigrasi Polonia Medan, Torang Pardosi, mengatakan pemindahan pengungsi untuk wawancara. Sebab mereka akan menempati negara ketiga.

Torang mengatakan 19 warga itu mengungsi dari Myanmar dan masuk ke Indonesia pada 2015. Rencananya mereka akan dikirim ke Amerika Serikat.

Sebelum pemindahan, mereka harus menjalani wawancara. Petugas dari kedutaan AS turut serta menyaksikan proses wawancara.

"Bila mereka lulus interview, baru dapat persetujuan negara ketiga," kata Torang.

Torang tak mengetahui jadwal pasti pemberangkatan mereka. Untuk kepentingan sementara pengungsi ditempatkan di Medan.

Sementara itu, konflik di Rakhine, Myanmar, masih terjadi. Laporan dari Human Rights Watch (HRW) mengungkapkan lebih 1.000 rumah milik warga etnis Rohingya di Rakhine luluh lantak.

Baca: HRW: Makin Banyak Desa Rohingya Dihancurkan di Myanmar

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Myanmar mengerahkan pasukan ke Rakhine. Puluhan oran tewas saat pasukan menyerbu perkampungan.

Di Myanmar, etnis Rohingya tak diakui sebagai warga negara. Mereka kesulitan memperoleh akses kesehatan, pendidikan, dan perumahan yang layak. Padahal mereka tinggal di Rakhine dari generasi ke generasi.

Kemudian warga Rohingya mengungsi ke negara-negara di Asia Tenggara. Satu di antaranya Indonesia. 


(RRN)