Ponton Pelabuhan Tanjunguban di Kepri Ambrol

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 21 Dec 2017 16:00 WIB
Ponton Pelabuhan Tanjunguban di Kepri Ambrol
Salah satu bagian ponton Pelabuhan Tamjunguban, ambruk, Kamis, 21 Desember 2017.

Batam: Ponton Pelabuhan Domestik Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), ambruk, Kamis, 20 Desember 2017, sekitar pukul 07.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 

Kepala Syahbandar Tanjunguban, Kabupaten Bintan, M Rahmat mengatakan, bangunan tersebut ambrol pagi tadi. Saat kejadian, aktivitas di pelabuhan sepi. Belum ada kapal feri yang sandar di ponton tersebut. 

"Pelabuhan tersebut adalah pelabuhan penumpang yang menghubungkan Tanjunguban dengan Pelabuhan Punggur, Kota Batam," ujar Rahmat kepada Medcom.id, Kamis, 21 Desember 2017. Setiap setengah atau satu jam, ada kapal feri yang merapat di pelabuhan tersebut. 

Karena kondisi ponton ambruk, kata Rahmat, untuk sementara kapal feri maupun penumpang baik dari dan ke Batam dialihkan ke pelabuhan beton dengan melewati tangga. 

Ia menjelaskan, tim dari KPLP Tanjunguban telah menyelam untuk mengikat ponton tersebut agar tidak hanyut terbawa arus laut. Pelabuhan tersebut dibangun oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri. 

"Sebelumnya ada bagian dari ponton tersebut yang rusak. Dan memang sementara waktu tidak dioperasikan untuk menunggu perbaikan. Mungkin karena bebannya yang sudah berat sehingga pagi tadi ambruk," jelasnya. 

Pihaknya telah berkoodinasi dengan Dishub Provinsi Kepri untuk segera memperbaiki kondisi ponton. Terlebih saat ini mendekati kepadatan aktivitas penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2018. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Kepei agar segera dpat diperbaiki. Tadi Wakil Bupati Bintan Dalmasri dan Kadishub Kepri berkunjung langsung melihat kondisi ponton yang ambruk," tambahnya. 

Fadli, warga Batam yang menuju Tanjunguban, Kabupaten Bintan, mengatakan, kapal feri maupun penumpang sementara waktu dialihkan ke pelabuhan beton. "Kami turun di pelabuhan yang satu lagi. Tak jauh dari lokasi ponton pelabuhan yang ambrol," ujarnya. 

(ALB)