Api di Pasar Atas Diduga dari Ledakan Trafo Listrik

Al Abrar    •    Senin, 30 Oct 2017 18:22 WIB
kebakaran pasar
Api di Pasar Atas Diduga dari Ledakan Trafo Listrik
Kebakaran terjadi di Pasar Atas Bukittinggi, Sumatera Barat, Senin (30/10/2017). Data Pemkot Bukittinggi menyebutkan sebanyak 800 kios pedagang di kawasan destinasi wisata belanja tersebut habis terbakar. ANTARA

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran Pasar Atas di Bukittinggi, Sumatera Barat, yang menghanguskan sekitar 800 kios diduga berasal dari trafo listrik di Blok C, lantai 2, sekitar pukul 05.30 WIB. Api menjalar melalui kabel dan masuk ke gardu listrik di lantai yang sama.

"Berdasarkan keterangan yang ada dan saksi yang melihat kebakaran berasal dari trafo di salah satu toko di lantai 2, Pasar Atas Blok C," kata Kapolres Bukittinggi Arly Jembar Jumhana kepada Metrotvnews.com, Senin 30 Oktober 2017.

Meski begitu, jelas Arly, pihaknya belum memastikan dugaan tersebut. Pihaknya masih menunggu hasil cek forensik yang dibantu Polda Sumatera Utara. 

"Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujar Arly.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan tempat penampungan sementara bagi pedagang yang terdampak langsung kebakaran Pasar Atas. Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, relokasi dilakukan sesegera mungkin.

"Akan dipindah ke Jalan perintis kemerdekaan," kata Ramlan kepada Metrotvnews.com, Senin 30 Oktober 2017.

Kios menjual sejumlah barang konveksi, kain, suvenir, dan sepatu. 


(ALB)