Jarak Pandang 500 Meter, Tiga Pesawat Batal Mendarat di Hang Nadim Batam

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 07 Nov 2017 15:27 WIB
cuaca ekstrem
Jarak Pandang 500 Meter, Tiga Pesawat Batal Mendarat di Hang Nadim Batam
Pesawat Lion Air saat parkir di apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam, belum lama ini.

Metrotvnews.com, Batam: Hujan deras yang mengguyur wilayah Batam dan sekitarnya membuat tiga pesawat udara batal mendarat sesuai jadwal di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa, 7 November 2017. Jarak pandang yang hanya 500 meter tak memungkinkan ketiga pesawat itu mendarat. 

"Jarak pandang atau visibility di Bandara Hang Nadim Batam saat itu hanya 500 meter. Pesawat memutuskan tidak mendarat dan berputar di udara menunggu jarak pandang membaik," ujar GM Operasi Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso kepada Metrotvnews.com, Selasa 7 November 2017.

Ketiga pesawat memutuskan berputar-putar di udara tepatnya di bagian selatan Pulau Batam. Sesuai jadwal, pesawat pertama yakni Lion Air dari Surabaya seharusnya mendarat pukul 10.15 WIB. Lion Air dari Pontianak (Kalbar) seharusnya mendarat pukul 10.45 WIB, dan Garuda Indonesia pukul 11.00 WIB. 

"Ketiga pesawat berputar-putar di udara sekira 30 menit. Lion Air dari Surabaya baru bisa mendarat pukul 10.45 WIB, Lion Air dari Pontianak pukul 11.05, dan Garuda Indonesia pukul 11.22 WIB," jelasnya. 

Suwarso mengatakan, sekira pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.20 WIB, kawasan sekitar Bandara Hang Nadim Batam diguyur hujan deras. Hal ini menyebabkan jadwal beberapa penerbangan terganggu. Tiga maskapai batal mendarat karena jarak pandang hanya 500 meter. 

Normalnya, kata dia, jarak pandang atau visibility mencapai 1.000 meter. "Saat ini kondisi dan aktivitas penerbangan di bandara kembali normal. Ketiga pesawat tadi juga sudah mendarat dengan baik," ujarnya. 


(ALB)