Masyarakat Sumbar Kumpulkan Rendang untuk Korban Bencana

Yose Hendra    •    Minggu, 30 Sep 2018 15:45 WIB
gempa
Masyarakat Sumbar Kumpulkan Rendang untuk Korban Bencana
Ilustrasi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat merapikan kotak berisi rendang untuk korban gempa di Lombok, NTB. (ANT/Muhammad Arif Pribadi)

Padang: Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengumpulkan rendang, dari masyarakat umum dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Rendang akan dikirim untuk korban gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. 

"Kami harap dalam waktu dekat bisa kumpulkan rendang. Bagi warga yang mau sumbang rendang bisa datang ke Kantor Gubernur, silakan sumbang. Mohon di-packing per setengah kg, kami langsung bagi kepada korban di sana yang terkena musibah," jelas Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Minggu, 30 September 2018. 

Selain rendang, kata Nasrul, pihaknya akan menginisiasi pengumpulan bantuan uang untuk korban gempa di Sulteng. Pemprov Sumbar sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar dan PMI untuk menyalurkan bantuan.

Baca: NTB Kirim Tim Psikososial Atasi Trauma Korban Bencana

Sayangnya, koordinasi dengan BPBD Sulteng belum optimal karena sambungan komunikasi masih dalam proses pemulihan.

"Kami belum bisa ke sana, bandara masih tutup sampai pagi tadi. Kemungkinan kami datang jalan darat melalui Manado. Kami belum bisa komunikasi dengan gubernur dan BPBD. Semoga Sumbar bisa berikan bantuan," ujar Nasrul.

Nasrul menyampaikan, berkaca pada bencana gempa di Lombok, NTB, jenis bantuan yang diperlukan korban gempa adalah makanan dan tenda, serta baju layak pakai.

Maka dari itu, Pemprov Sumbar berupaya menyalurkan bantuan tersebut melalui lembaga kemanusiaan yang bisa mengakses lokasi bencana.

"ACT (Aksi Cepat Tanggap) juga sudah kami koordinasikan. Mudah-mudahan bisa teratasi," tambahnya.

Sebelumnya, Sumbar juga mengumpulkan rendang untuk disumbangkan kepada korban gempa bumi di Lombok. Rendang disumbangkan oleh masyarakat umum dan ASN di lingkungan Pemprov Sumbar.

Baca: Dua Helikopter PMI Diterbangkan ke Donggala


(LDS)