Puluhan Kilogram Makanan Berbahaya Disita BPOM Medan

Farida Noris    •    Sabtu, 17 Jun 2017 12:07 WIB
makanan berbahaya
Puluhan Kilogram Makanan Berbahaya Disita BPOM Medan
Petugas BPOM Medan mengambil sampel makanan di Pasar Tavip Binjai. (Metrotvnews.com/dok Ist)

Metrotvnews.com, Binjai: Tim gabungan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menyita puluhan kilogram tahu kuning, udang laut, dan lengkong dari pedagang di Pasar Tavip Binjai, Sumatera Utara. Makanan tersebut mengandung bahan formalin dan pewarna tekstil.

Kepala BBPOM Medan Sacramento Tarigan menyebut produk atau makanan mengandung bahan berbahaya diketahui dari uji sampel di mobil laboratorium keliling yang disiapkan Pemko Binjai.

"Bahan makanan disita dari tiga pedagang di Pasar Tavip Binjai," kata Sacramento, pada Sabtu, 17 Juni 2017. Pedagang hanya mendapat pembinaan di lokasi.

Sacramento mengatakan operasional mobil keliling lebih efektif memantau, membina, dan bimbingan teknis kepada pembuat dan penjual terutama UMKM serta sosialisasi kepada komunitas masyarakat.

Sacramento mengingatkan agar seluruh pemkab/kota peduli dan proaktif dalam mengawal keamanan pangan. Sebab resiko dari makanan berbahan berbahaya mulai dari gangguan pencernaan, gangguan syaraf, gangguan organ berupa liver, ginjal, jantung hingga kanker.

"Dampak juga akan jauh melebar sampai kepada kasus ekonomi hingga produktivitas dan daya saing manusia ke depannya," bebernya.


(SAN)