HUT RI, Garda Pemuda NasDem Upacara Bendera di Rumah Pengasingan Bung Karno

Budi Warsito    •    Jumat, 11 Aug 2017 16:25 WIB
hut ri
HUT RI, Garda Pemuda NasDem Upacara Bendera di Rumah Pengasingan Bung Karno
Pengibaran bendera di Jepara, MTVN - Rhobi

Metrotvnews.com, Medan: Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara bakal menggelar upacara bendera di Pesanggrahan Bung Karno di Kota Prapat pada 17 Agustus 2017. Kegiatan itu bertujuan memperingati HUT ke-72 RI.
 
Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Sumut, Darma Wijaya, mengatakan kegiatan itu bertujuan menjaga kedamaian dalam keberagaman. Kegiatan berlangsung di tempat pengasingan Proklamator RI Sukarno untuk menghayati semangat perjuangan.

"Semangat persatuan dan kesatuan serta rela berkorban demi NKRI yang ditunjukkan para tokoh pendiri republik seperti Bung Karno, Sutan Syahrir dan H. Agus Salim yang diasingkan di sebuah rumah abad 19 di Kota Parapat yang mau kita ambil dari momen upacara pengibaran bendera tahun ini," kata Darma di Medan, Jumat 11 Agustus 2017.

Sukarno diasingkan ke rumah tersebut mulai Desember 1948 hingga Januari 1949. Selain Sukarno, beberapa tokoh turut diasingkan yaitu Sutan Syahrir dam Agus Salim.

Sementara itu, Sekretaris DPW Garda Pemuda NasDem Sumut Defri Noval Pasaribu, mengatakan kegiatan itu bertujuan menyuarakan semangat nasionalisme. 


(RRN)