Sungai Deli dan Babura di Medan Meluap

Farida Noris    •    Rabu, 27 Sep 2017 18:02 WIB
banjir
Sungai Deli dan Babura di Medan Meluap
?Sungai Deli dan Babura di Medan meluap. MTVN/Farida

Metrotvnews.com, medan: Ratusan rumah di Kota Medan kembali terendam banjir, Rabu 27 September 2017. Banjir disebabkan luapan Sungai Deli dan Sungai Babura usai hujan deras.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan, banjir merendam pemukiman warga di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun. Akibatnya 355 rumah dan 1.320 jiwa yang terdampak.

Kemudian, di Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, khususnya di lingkungan IV ada 25 rumah dengan 140 jiwa. Di Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor ada berkisar 85 rumah yang terdampak.

Selanjutnya di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Lingkungan VI sedikitnya 20 rumah terendam banjir.

"Hujan deras terjadi dari kemarin sore sehingga air Sungai Deli dan Sungai Babura mengalami kenaikan berkisar 50-80 sentimeter," kata Manager Pusdalops BPBD Kota Medan, Muhammad Yunus.

Dia menyebutkan, sebagian besar warga memilih bertahan di rumah mereka masing-masing. Akan tetapi ada juga warga yang mengungsi ke Masjid Alkhomar Gang Mandor sebanyak 15 KK di antaranya ada 1 Balita, 7 anak-anak dan 6 oranf lansia.

"Upaya selanjutnya, kita menempatkan personil Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) di lokasi untuk melaksanakan pemantauan dan pendataan serta berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan lingkungan. Pendataan masih dilaksanakan sampai saat ini," bebernya.



(ALB)