Kabut Asap, 241 Warga Aceh Barat Terkena ISPA

Nurul Fajri    •    Jumat, 28 Jul 2017 12:57 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Kabut Asap, 241 Warga Aceh Barat Terkena ISPA
abut Asap Pekat Kepung Aceh Barat --MI/Ferdian Ananda Majni--

Metrotvnews.com, Meulaboh: Kabut asap kebakaran hutan dan lahan gambut masih terus menyelimuti Kabupaten Aceh Barat. Akibatnya, jumlah penderita inspeksi saluran pernafasan akibat menghirup asap terus bertambah.

Hingga Kamis, 27 Juli 2017, Dinas Kesehatan Aceh Barar mencatat ada 241 warga yang terkena ISPA karena menghirup udara kotor sejak sepekan terakhir. Para warga mendapat pertologan medis di berbagai Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah Cut Nyak Dhien.

"Korban terdampak ISPA kita bagi dua kategori, dibawah lima tahun jumlahnya 124 orang, dan diatas usia lima tahun 117 orang, dan ini meningkat selama kabut asap," sebut Kepala Dinkes Aceh Barat, Zafril Luthfi pada metrotvnews.com.

Dia meyebutkan penderita ISPA terbanyak saat ini ditangani di Puskesmas Kecamatan Johan Pahlawan sebanyak 61 orang, dan Puskesmas Kecamatan Kawai XVI sebanyak 72 orang.

Hingga saat ini, belum ada temuan warga yang menderita infeksi paru karena menghirup kabut asap kebakaran hutan. Kalau ada, lanjutnya akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Daerah Cut Nyak Dhien.

Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah korban terdampak, pihaknya sudah membagi lebih dari 30.000 masker kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Meski diguyur hujan, namun petugas gabungan BPBD Aceh Barat dibantu TNI/Polri masih terus melakukan pemadaman titik api di empat kecamatan. Kepala BPBD Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem mengatakan pemadaman hari ini difokuskan di Desa Suak Raya. Pemadaman dilakukan dengan bantuan mobil pemadam kebakaran dibantu satu unit helikopter bom air jenis MI 17 VN yang sudah bekerja sejak kemarin.

Selain itu BNPB juga telah mengerahkan satu unit tambahan Helikopter jenis PK-DAS Bell 412 untuk menambah kekuatan satgas Karhutla di wilayah Aceh Barat. Namun armada yang mampu mengangkut satu ton air ini masih belum beroperasi.


(ALB)