BMKG Deteksi 16 Titik Panas di Riau

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 28 Jul 2017 13:18 WIB
kebakaran lahan dan hutan
BMKG Deteksi 16 Titik Panas di Riau
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 16 titik panas di wilayah Provinsi Riau, Jumat, 28 Juli 2017. 

"Update hotspot di Riau hari ini, Kabupaten Bengkalis 7 titik, Kabupaten Meranti 2 titik, Kabupaten Inhil 3 titik, Kabupaten Pelalawan 2 titik, Kabupaten Inhu 1 titik, dan Kabupaten Siak 1 titik," kata Ardhi, Analisa BMKG Pekanbaru kepada Metrotvnews.com, Jumat, 28 Juli 2017. 

Ke-16 titik panas tersebut terdeteksi melalui satelit terra dan aqua BMKG Pekanbaru dan berada di level confidence atau tingkat kepercayaan di atas 50 persen.  "Terdapat tujuh titik hotspot di Riau yang berada di level confidence di atas 70 persen, yaitu, Kabupaten Bengkalis 4 titik, Kabupaten Meranti 1 titik, dan Kabupaten Pelalawan 2 titik," jelas Ardhi. 

Selain di Provinsi Riau, satelit terra dan aqua BMKG Pekanbaru juga mendeteksi sejumlah hotspot atau titik panas di beberapa wilayah di Pulau Sumatera, Jumat, 28 Juli 2017.

Di antaranya, Provinsi Jambi 1 titik, Sumut 1 titik, Lampung 6 titik, Sumsel 18 titik, Sumbar 1 titik,  dan Babel 6 titik. "Titik panas di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera tersebut berada di level confidence di atas 50 persen," tambah Ardhi.

Sementara prakiraan cuaca hari ini, sambung Ardhi, berawan disertai hujan ringan di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis. Siang hari cuaca cerah 

Pada malam hari, kata dia, cuaca cerah - Berawan. Terdapat potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir terjadi di wilayah Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dan Kabupaten Rokan Hulu ( Rohul).


(ALB)