4 Titik Panas Terpantau di Sumut

Farida Noris    •    Rabu, 26 Jul 2017 15:04 WIB
kebakaran lahan dan hutan
4 Titik Panas Terpantau di Sumut
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mendeteksi 4 titik panas di wilayah Sumatera Utara, Rabu 26 Juli 2017. Titik panas mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Sumut.

"Dari hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua) terdapat 4 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di wilayah Sumatera Utara," kata Kabid Data & Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan.

Syahnan menyebutkan titik panas itu terdapat di Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kecamatan Kota Pinang 1 titik, serta tiga titik lainnya terdapat di Kecamatan Batang Natal dan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal.

"Masyarakat jangan sembarangan membuang puntung rokok karena berpotensi menyebabkan kebakaran hutan. BMKG mengimbau agar masyarakat selalu mewaspadai musim kemarau ini," urainya.

Dia memperkirakan, musim panas akan berlangsung hingga akhir Juli 2017. Suhu udara pada siang hari, katanya, bisa mencapai 34 derajat celcius. Namun begitu, hujan tetap akan turun pada siang atau malam hari. 

"Kecepatan angin bisa mencapai 40 km/jam. Hujan tetap terjadi, tetapi intensitasya kecil. Pada siang hari, cuaca sangat terik. Karena itu, kita imbau masyarakat agar perbanyak mengkonsumsi air mineral. Selain itu jika ke luar rumah, kenakan masker," bebernya.


(ALB)