48 Balita di langkat Kekurangan Gizi Kronis

Antara    •    Selasa, 13 Mar 2018 13:05 WIB
gizi kurang
48 Balita di langkat Kekurangan Gizi Kronis
ilustrasi Metrotvnews.com

Langkat: Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mencatat ada 48 kasus balita kekurangan gizi kronis di wilayahnya. Akibatnya pertumbuhan tinggi dan berat anak yang kerdil (stunting) berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

"Dari 48 kasus yang ditemukan, 23 kasus di Kecamatan Padang Tualang, sisanya di beberapa kecamatan lainnya," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Langkat Ansari, di Stabat, Selasa, 13 Maret 2018.

Menurut dia, saat ini Dinas Kesehatan tengah menangani kasus tersebut dengan bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait.

"Kita sudah rapat koordinasi lintas instansi untuk penanganan kasus ini. Nantinya balita dengan kondisi tubuh kerdil akan kita berikan kartu BPJS Kesehatan," katanya.

Selain itu juga dilakukan pemberian makanan tambahan baik kepada anak, ibu hamil, balita, yang akan dipantau Puskesmas maupun posyandu yang ada di setiap desa maupun kecamatan.

Sementara itu, Gunawan Mulya salah satu orang tua penderita tubuh kerdil, warga Desa Padang Tualang, Kecamatan Padang Tualang, mengatakan berat badan anaknya hanya delapan kilogram dengan tinggi badan berkisar 50 sentimeter saja.

"Kondisi ini diderita sejak lahir hingga usianya sekarang menginjak tiga tahun," katanya.

Gunawan mengaku tidak mengetahui kondisi anaknya yang menderita tubuh kerdil, ia hanya menduga pertumbuhan anaknya itu disebabkan faktor keturunan.

Namun pihak Puskesmas Padang Tualang mengatakan kalau anaknya menderita tubuh kerdil setelah berusia tiga tahun dan memberikan asupan biskuit saat dibawa ke puskesmas yang ada di daerah itu.


(ALB)