14 Desember, Tak Ada Lagi Pengungsi Rohingya di Aceh

Nurul Fajri    •    Kamis, 24 Nov 2016 13:12 WIB
rohingya
14 Desember, Tak Ada Lagi Pengungsi Rohingya di Aceh
Pengungsi Rohingya di penampungan Aceh. Foto: Antara/Rahmad

Metrotvnews.com, Aceh Utara: Pemerintah Aceh Utara memastikan pemindahan imigran Rohingya dari Aceh akan tuntas Desember ini. Saat ini, masih ada 44 imigran Rohingya yang tinggal di penampungan sementara Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. 

"Pada 14 Desember nanti semua imigran sudah tidak berada di shelter lagi," ujar Kepala Humas Pemerintah Aceh Utara, Teuku Nadirsyah, kepada Metrotvnews.com, Kamis (24/11/2016).

Menurutnya, sebagian dari imigran sudah lolos wawancara dan akan ditampung oleh Amerika Serikat dan Australia. Selama proses pemindahan, imigran Rohingya yang ditampung di Aceh Utara, akan dipindahkan ke Medan.

Pemerintah kabupaten Aceh Utara masih akan menampung warga Rohingya jika ada yang belum mendapat suaka dari negara ketiga. Tapi, kata Teuku, dalam rapat lintas sektor sebelumnya, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) berjanji akan memindahkan semua imigran Rohingya pada 14 Desember. 

Bangunan penampungan di sana nantinya dihibahkan ke lembaga sosial, Aksi Cepat Tanggap.

Selama satu tahun, ratusan imigran Rohingya asal Myanmar ditampung di Aceh Utara dan Aceh Timur. Mereka lari dari kampung halamannya karena konflik berkepanjangan dengan Pemerintah Myanmar. 

Di Aceh Utara, 360 orang imigran ditampung di Shelter  Desa Blang Adoe. Nadir mengatakan banyak dari etnis tersebut melarikan diri dari sana.

 


(UWA)