AS Hikam Sarankan Radikalisasi Ditumpas dengan Humanis dan Simpati

Hendri Kremer    •    Sabtu, 17 Sep 2016 17:47 WIB
teroris
AS Hikam Sarankan Radikalisasi Ditumpas dengan Humanis dan Simpati
AS Hikam bedah buku penumpasan virus adikalisasi di Batam, MI - Hendri Kremer

Metrotvnews.com, Batam: Virus radikalisasi harus diberantas dengan cara humanis karena akan menimbulkan rasa simpati yang dalam baik kepada masyarakat maupun penganut paham radikal.

Hal tersebut dikatakan oleh Prof. AS Hikam dalam acara bedah buku Deradikalisasi di Universitas Universal Batam, Kepulauan Riau, Sabtu 17 September.

Menurut dia, tidak mudah menghadang penyebaran virus radikalisasi. Sebab, terkait dengan paham dan pengkultusan pada satu paham yang ditanam cukup lama dalam organisasi ataupun kelompok masyarakat.

"Tidak mudah. Ini faktanya. Kalau mau jujur, penyebarannya sudah kemana-mana. Dan sudah berakar umbi dengan berbagai negara maupun di Indonesia," kata Hikam yang juga menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi pada masa Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Dia mencontohkan berbagai kasus radikalisasi yang baru-baru ini terjadi Tanjung Balai Asahan dan penangkapan sejumlah teroris yang akan melakukan aksi pengeboman di Marina Bay Singapura.

"Prosesnya lama. Dan mereka terdiri dari orang-orang yang dipilih lama oleh para pelaku pengrusakan alam pikiran manusia. Ini tidak memandang siapa yang akan mereka diproses," ujarnya. 


(RRN)