Pengungsi di Kalianda Masih Bertahan

ant    •    Rabu, 02 Jan 2019 13:36 WIB
Tsunami di Selat Sunda
Pengungsi di Kalianda Masih Bertahan
Dampak tsunami Selat Sunda di Dusun Tiga Regahan Lada yang diterjang tsunami di Pulau Sebesi, Lampung Selatan, Minggu (30/12/2018).

Kalianda: Sebanyak 1.003 pengungsi korban tsunami dari Pulau Sebesi dan Sebuku masih bertahan di lokasi pengungsian Lapangan Tenis Indoor Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Rabu, 2 Januari 2019.

"Pengungsi itu terdiri atas 288 kepala keluarga dari dua pulau tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni, di Kalianda, Lampung Selatan, Rabu, 2 Januari 2019. 

Ia menyebutkan, para pengungsi akan berada di pengungsian sesuai dengan waktu tanggap darurat yang ditetapkan Bupati Lampung Selatan hingga 5 Januari 2019, dan nanti para pengunsi yang mau direlokasi pemerintah telah menyiapkan lokasinya.

Dia mengatakan anak-anak yang mengungsi hingga saat ini berjumlah 381 orang, dan kondisi psikologis mereka secara umum telah pulih kembali setelah mendapat pendampingan dari tim "trauma healing".

Ia mengatakan pihaknya juga menyiapkan layanan dapur umum ada 3 posko di bantu juga dari Tagana Sumatera Selatan, layanan untuk anak anak dan lansia dibentuk terpadu.

Lebih lanjut, Sumarju mengatakan, Kemensos akan memberikan bantuan berupa santunan bagi korban meninggal dunia maupun perbaikan rumah dengan program rehabilitasi rumah tidak layak huni.



(ALB)