Korem Wirabraja Antisipasi Dampak Banjir Padang

Fachri Audhia Hafiez    •    Sabtu, 03 Nov 2018 05:06 WIB
Banjir di Sumatera
Korem Wirabraja Antisipasi Dampak Banjir Padang
Banjir yang melanda Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat, 2 November 2018. Dok.Kodam Bukit Barisan.

Padang: Komando resort militer (Korem) 032/Wirabraja bersiap mengantisipasi dampak banjir Padang, Sumatera Barat. Tim telah bergerak menuju lokasi titik banjir.

"Personel yang disiap siagakan terdiri dari dua peleton gabungan Bekang dan dua unit landing craft rubber (LCR), satu tim Polisi Militer, satu tim kesehatan, satu unit ambulans dan satu SSK Yonif 133/YS serta personel Bekang dan dapur lapangan," jelas Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga dalam keterangan resmi, Sabtu, 3 November 2018.

Roy mengatakan Komandan Kodim 0312/Padang Letkol CZi Rielman Yudha langsung memerintahkan prajuritnya membantu korban terdampak banjir. Perintah diturunkan saat mendapatkan informasi debit air yang mulai naik.

"Begitu mendapatkan infomasi naiknya debit air di wilayahnya segera mengambil langkah berkoordinasi dengan aparat terkait untuk mengecek lokasi banjir," ucap dia.

Hujan deras yang mengguyur Kota Padang mengakibatkan debit air meningkat. Banjir juga menyebabkan proyek jembatan yang menghubungkan Kelurahan Koto Lalang dengan Kelurahan Beringin roboh.

Daerah yang terdampak bencana di wilayah Kodim 0312/Padang antara lain Komando Rayon Militer (Koramil) 01/ Padang Barat, Koramil 03/Padang Selatan,  Ramil 04/Lubek dan Koramil 07/Bungus.

Dalam peninjauan banjir yang terjadi di wilayahnya, Letkol CZi Rielman didampingi oleh Camat Lubuk Kilangan, Lurah Beringin dan anggota Koramil. Mengantisipasi banjir meluas, Korem 032/Wirabraja juga telah  menyiapakan personel siap siaga untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir. 



(DRI)