Pemerintah Pastikan Jalur Tour de Singkarak Mulus

Lis Pratiwi    •    Senin, 20 Nov 2017 06:49 WIB
kejurnas balap sepeda
Pemerintah Pastikan Jalur Tour de Singkarak Mulus
Peserta Tour de Singkarak 2017. Foto: Biro Komunikasi Kementerian PUPR

Sumatera Barat: Ajang balap sepeda terbesar di Indonesia, Tour de Singkarak 2017 telah dimulai sejak kemarin di Sumatera Barat. Sebanyak 20 tim dari 30 negara akan beradu cepat melewati 9 etape dengan total jarak 1.097 kilometer. 

Pemerintah pun memastikan jalur yang dilalui peserta sudah mulus dan memenuhi persyaratan lomba. Kemulusan jalan tersebut diharapkan membuat para pembalap semakin memacu laju sepeda untuk mencapai garis finish tercepat. 

“Tour de Singkarak juga memperlihatkan kemajuan pembangunan infrastruktur terutama konektivitas jalan dan jembatan yang berada di setiap kabupaten pada setiap etape balapan,” kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Syaiful Anwar dalam siaran pers, Minggu 19 November 2017.

Syaiful menjabarkan, total panjang jalan nasional yang akan dilewati pembalap sepanjang 649,18 kilometer atau sekitar 44,81 persen dari total panjang jalan nasional di Sumatera Barat sepanjang 1.448,81 kilometer.

Dari jalan tersebut, sepanjang 872.72 kilometer atau 60.24 persen dalam kondisi baik. Sementara itu, jalan nasional sepanjang 430.07 kilometer atau 29.68 persen dalam kondisi sedang, sisanya rusak ringan dan sedang.

“Secara keseluruhan para pembalap hanya akan melewati jalan yang mantap dan mulus,” tegas dia.

Tour de Singkarak juga menjadi sarana efektif mempromosikan pariwisata dalam negeri. Selama balapan berlangsung, para pembalap akan disuguhkan pemandangan alam Sumatra Barat yang memesona berupa bukit, jurang, danau, lembah, air terjun, dan hamparan sawah.

“Diharapkan para pembalap dan pengunjung bisa turut menikmati berbagai keindahan pariwisata Sumbar,” tambah Syaiful.
(INF)