Kemenpan-RB Masih Hitung Formasi CPNS 2018

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 23 Nov 2017 17:29 WIB
pendaftaran cpns
Kemenpan-RB Masih Hitung Formasi CPNS 2018
Menpan-RB Asman Abnur saat tampil sebagai pembicara dalam seminar pengembangan industri pariwisata di Kampus PPB, Batam, Kamis, 23 November 2017.

Batam: Pemerintah kembali membuka pendaftaran calon pengawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Penerimaan CPNS tahun depan dibuka mulai di tingkat kota, kabupaten, provinsi, lembaga, hingga kementerian. 

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, mengatakan, kementeriannya masih menghitung jumlah CPNS yang dibutuhkan pada pendaftaran tahun depan. 

"(Jumlah keseluruhan) masih kami hitung. Termasuk formasi apa saja yang dibuka dan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkan di formasi tersebut juga masih dihitung," kata Asman Abnur usai menjadi pembicara dalam seminar bertajuk Government Regulation to Support Tourism Industry di Kampus Politeknik Pariwisata Batam (PPB) di Batam, Kamis, 23 November 2017.

Asman mengimbau agar calon peserta CPNS mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Calon peserta CPNS, kata Asman, jangan berharap bahwa ada yang bisa membantu lolos sebagai calon pegawai negeri sipil. 

"Yang bisa membantu Anda adalah kemampuan Anda sendiri. Sekarang tesnya terbuka. Begitu tes, hasilnya (nilai tes) langsung kelihatan. Jadi nggak ada lagi calo atau pejabat yang bisa membantu lulus tes," ungkapnya. 

Saat ditanya mengenai nasib pegawai honorer K2 yang hingga saat ini belum diangkat menjadi PNS? Asman hanya menjawab singkat. "Silakan ikut tes (CPNS)," ujarnya sembari bergegas menuju mobil yang akan mengantarnya ke Bandara Hang Nadim Batam. 

Sebelumnya, pemerintah membuka pendaftaran CPNS tahun 2017. Pendaftaran itu hanya terbuka di beberapa lembaga dan puluhan kementerian. Tingginya animo masyarakat mendaftar CPNS tahun ini menjadi salah satu alasan pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS tahun 2018 mendatang. 


(ALB)