DPR Ingin BNPT Awasi Ketat Densus 88 Saat Menindak Teroris

Farida Noris    •    Rabu, 07 Sep 2016 19:34 WIB
terorisme
DPR Ingin BNPT Awasi Ketat Densus 88 Saat Menindak Teroris
Anggota Komisi III DPR, Romo H. Raden Muhammad Syafei. Foto: Metrotvnews.com/Farida

Metrotvnews.com, Medan: Anggota Komisi III DPR, Romo H. Raden Muhammad Syafei, meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengawasi secara ketat kinerja Densus 88 Antiteror Polri saat menindak teroris.

"Jangan sampai abuse of power (menyalahgunakan kekuasaan, red). Di bawah Suhardi (Alius), BNPT telah setuju mengawasi Densus 88," kata Romo di sela-sela meletakkan batu pertama pembangunan masjid BNPT, di Pesantren Darusy Syifa, di Dusun IV, Sei Mencirim, Kutalimbaru, Deliserdang, Sumut, Rabu (7/9/2016).

BNPT mendukung penuh pengajaran yang dilakukan di Pesantren Darusy Syifa yang dihuni santri dari anak teroris dan anak DPO teroris.

Romo mengatakan saat ini penanganan terorisme masih condong ke penindakan yang menggunakan kekuatan. Dia berharap pemberantasan terorisme dilakukan dengan pendekatan kemanusiaan. Dia meyakini porsi pencegahan lebih penting dibandingkan porsi penindakan.

"Hari ini, menurut saya, (pencanangan pesantren anak teroris) adalah langkah yang paling tepat. Kita lakukan pendekatan dan ubah mindset. Sebab, teroris bukan bakteri yang bisa diobati dengan obat biasa. Teroris adalah virus yang harus dilawan dengan imunisasi. Sejarah yang akan mencatat, mana yang paling efektif," kata dia.

Menurut Romo pencegahan harus melibatkan semua kekuatan yang ada untuk memberi imunitas anak bangsa agar tidak tercemar paham teroris. Tentang pengawasan, katanya, keterlibatan intelijen TNI sangat dibutuhkan untuk mendeteksi paham teroris yang muncul di masyarakat.

Acara ini dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius, Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Rudy Sufahriadi, Wakapolda Sumut Brigjen Adi Pranoto, Wakapolresta Medan AKBP Mahedi Surindra, dan mantan napi teroris yang juga pemilik Pesantren Darusy Syifa, Khairul Ghazali.



(UWA)