Sindikat Internasional Selundupkan Shabu Pakai Perahu Nelayan

Budi Warsito    •    Minggu, 16 Jul 2017 20:14 WIB
narkoba
Sindikat Internasional Selundupkan Shabu Pakai Perahu Nelayan
Sejumlah barang bukti dari 44 kg shabu yang diamankan tim gabungan Polda Sumatera Utara dan BNN. Foto: MTVN/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Penyelundupan 44 Kg sabu oleh sindikat narkoba internasional digagalkan tim gabungan Polda Sumatera Utara (Sumut) dan Badan Narkotika Nasional. Sindikat tersebut menggunakan perahu nelayan untuk mengelabui pihak berwajib.

"Para pelaku membawa sabu dari Malaysia melalui jalur laut dengan perahu nelayan," terang Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari di Aula Tribrata Polda Sumut, Sabtu 15 Juli 2017 malam.

Zat psikotropika golongan 1 ini masuk ke Indonesia dari Malaysia melalui jalur perairan melalui Pantai Cermin, Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumut. Sepuluh tersangka dicokok dalam operasi tersebut.

Walau demikian, tim masih memburu sejumlah pelaku yang melarikan diri. Salah seorang petugas bahkan disebutkan Arman terluka.

"Dari pengakuan mereka, shabu yang dibawa lebih dari 44 Kg. Selebihnya sudah sempat di bagikan dan pelakunya berhasil kabur," ungkap dia.

Dua dari sepuluh pelaku tewas diterjang peluru karena berusaha melawan dan melarikan diri. Sedangkan delapan orang lainnya diamankan di Perbaungan Kota. Salah satu tersangka yang diamankan juga diketahui anggota Pol Air Polres Sergai berpangkat Aiptu.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 113 ayat (2), 114 ayat (2), 112 ayat(2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.


(SUR)