Sinabung Erupsi, Semburkan Awan Panas Sejauh 4,5 Km

Farida Noris    •    Selasa, 24 Oct 2017 13:34 WIB
erupsi sinabung
Sinabung Erupsi, Semburkan Awan Panas Sejauh 4,5 Km
nung Sinabung, di Karo, Sumatera Utara. . ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Medan: Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi, Selasa 24 Oktober 2017. Debu vulkanik akibat erupsi Sinabung bahkan mengganggu aktivitas warga.

"Benar, hingga pukul 12.45 WIB ini, Sinabung tercatat erupsi dua kali. Erupsi kedua jarak luncurnya cukup jauh hingga 4.500 meter " kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen.

Armen menyebutkan erupsi pertama terjadi pada pukul 06.19 WIB dengan tinggi kolom 500 meter. Erupsi ini tidak disertai awan panas guguran. Kemudian, pada pukul 09.59 WIB, terjadi awan panas guguran Sinabung dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah sektor Timur- Tenggara.

"Erupsi kedua tinggi kolom abu mencapai 2.000 meter, Amp 120 mm dan lama gempa 615 detik serta angin sedang hingga kencang ke Timur," jelasnya.

Erupsi kedua ini, kata Armen, menyebabkan pemukiman warga di Berastagi dan Kabanjahe sempat terganggu akibat debu vulkanik. Akan tetapi, warga sudah biasa menghadapi kondisi tersebut.

"Debunya lumayan tebal. Seperti biasa warga harus menggunakan masker saat beraktifitas. Gunung Sinabung memang setiap saat bererupsi," ungkapnya.

Armen tetap mengingatkan agar warga, pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km sektor Selatan-Tenggara, dalam jarak 6 km sektor Tenggara-Timur, serta dalam jarak 4 km sektor Utara-Timur Gunung Sinabung. 

"Peringatan ini harus diikuti. Karena tidak dapat diprediksikan kapan letusan berakhir. Karena itu warga diimbau jangan mendekati zona merah," pungkasnya.


(ALB)