Badai Tropis Picu Suhu Udara di Sumut Meningkat

Farida Noris    •    Kamis, 19 Oct 2017 18:45 WIB
cuaca ekstrem
Badai Tropis Picu Suhu Udara di Sumut Meningkat
ilustrasi cuaca panas terik. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Medan: Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi suhu udara di wilayah Provinsi Sumut dalam beberapa hari ini akan meningkat. Kondisi peningkatan suhu ini sangat terasa pada siang maupun malam hari.

"Hari ini, suhu udara di Medan mencapai 35 derajat celcius. Bahkan suhu udara maksimum di Kota Medan mencapai 35,6 derajat celsius pada 17 Oktober 2017," kata Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan, Kamis 19 Oktober 2017.

Dia menyebutkan peningkatan suhu udara ini disebabkan aktifnya Tropical Storm atau badai tropis yang akhirnya menjadi Typhoon LAN di sekitar Filipina. Aktifitas itu mengakibatkan angin di wilayah Sumut bersifat divergen. 

"Sehingga ini mengakibatkan potensi awan-awan hujan pun berkurang. Selain itu, kecepatan angin di lapisan udara atas pun cukup kencang mencapai 25 knot," jelas Syahnan.

Begitu pula kelembaban udara atas juga rendah. Sehingga, menurut Syahnan, pertumbuhan awan-awan hujan pun kecil. Kondisi seperti ini dapat berlangsung sampai dua hari ke depan. 

"Kita imbau masyarakat mewaspadai kondisi ini terlebih lagi ancaman kebakaran hutan dan lahan. Dengan suhu udara tinggi ini, sebaiknya mengurangi aktifitas di luar," kata dia.


(ALB)