KPU Riau Targetkan 77 Persen Partisipan Pilkada 2018

Antara    •    Selasa, 03 Oct 2017 12:49 WIB
pilkada 2018
KPU Riau Targetkan 77 Persen Partisipan Pilkada 2018
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menargetkan tingkat partisipan pemilih meningkat pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2018. Jika pada pilkada sebelumnya tingkat partisipan 56 persen, tahun depan KPU menargetkan 77 persen.

"Upaya pencapaian ini harus dilakukan sebagai target KPU di Pilkada 2018," kata Ketua KPU Riau Nurhamin di Pekanbaru, Selasa 3 Oktober 2017.

Nurhamin bilang, tingkat partisipan pemilih akan menjadi perhatian pihaknya. Sebab, tinggi partisipan menjadi indikator keberhasilan tugas dan demokrasi bangsa. Ia menjelaskan, salah satu indikator tingkat partisipan adalah data pemilihan umum beberapa waktu lalu yang menunjukkan pergerakan angka pemilih.

"Untuk diketahui, pada pesta demokrasi 2016 lalu partisipasi pemilih hanya sebesar 56 persen. Angka ini menurun jika dibandingkan dengan partisipasi masyarakat Riau dalam Pilpres sebelumnya yang mencapai 60 persen," katanya.

Untuk itu sebut dia, mendongkrak tingkat partisipan di Pilkada 2018 menjadi 77 persen menjadi pekerjaan rumah KPU Riau.

"Pemilihan Umum Gubernur Riau tahun depan kami target angka partisipasi meningkat hingga jadi 77 persen atau lebih," tuturnya.

Dengan angka itu diakuinya bukan hal yang muluk dan mampu dicapai jika dilakukan bersama oleh semua unsur, termasuk masyarakat, tokoh agama, adat dan media.

Menurutnya dengan upaya sosialisasi dan pendekatan persuasif kepada masyarakat serta dilakukan secara bersama maka target untuk meningkatkan partisipasi dalam pesta demokrasi di Riau akan berhasil.

"Kita akan terus melakukan sosialisasi, terus mengedukasi masyarakat supaya mereka tahu terhadap Pemilu, dan pada akhirnya animo untuk memilih cukup tinggi,'' imbuhnya.

Ia juga optimis hal tersebut dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Perlu diketahui KPU RI sudah menetapkan tanggal pencoblosan Pilkada serentak 2018 yaitu pada 27 Juni 2018. Rencananya, ada 171 daerah yang mengikuti Pilkada 2018.

Pilkada serentak tahun 2018 akan lebih besar daripada sebelumnya, karena dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang ikut. Untuk Riau akan ada pemilihan Bupati Indragiri Hilir dan Gubernur.



(ALB)