15 Kegiatan Digelar dalam Rangkaian Unduh Mantu Kahiyang-Bobby

Farida Noris    •    Kamis, 16 Nov 2017 17:28 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
15 Kegiatan Digelar dalam Rangkaian Unduh Mantu Kahiyang-Bobby
Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, berjabat tangan dengan tamu di resepsi pernikahan keduanya di Solo, Jateng, 8 November 2017, Ant - M Ayudha

Medan: Presiden Joko Widodo akan merelakan putrinya, Kahiyang Ayu, kepada Bobby Nasution. Upacara tersebut merupakan bagian dari rangkaian unduh mantu pernikahan Kahiyang-Bobby.

Rangkaian acara berlangsung di Medan, Sumatera Utara, mulai 19 sampai dengan 26 November 2017. Acara digelar dengan adat Mandailing. Sebab Bobby merupakan keturunan Raja Mandailing.

Sekretaris Acara Adat Ali Mukti Siregar mengatakan unduh mantu digelar dengan 15 agenda. Acara dimulai dengan menyambut kedatangan Kahiyang dan rombongan di Medan. 

Nantinya, ujar Ali, akan ada sidang adat dari keluarga Siregar. Sebab, Kahiyang akan mendapat marga Siregar.

"Adat itu menggambarkan Marga Nasution (Keluarga Bobby) mengawinkan anaknya dengan orang lain. Bila ingin cocok, pasangannya harus diberikan marga. Yaitu pemberian marga Siregar kepada Kahiyang," kata Ali di tengah-tengah persiapam unduh mantu di Medan, Kamis 16 November 2017.

Seluruh acara disemarakkan dengan kesenian khas Mandailing. Adalah Group Kesenian Mandailing Gunung Kelabu Pakantan yang dipimpin oleh Bakti Lubis terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menurut Bakti, kedua mempelai Kahiyang-Bobby akan melaksanakan adat Tapian Raya Namartua. Keduanya akan menjalani prosesi dimandikan.

"Seharusnya kedua mempelai dimandikan di,Sungai Batang Hari sebagai tapian (tempat pemandian). Tapi kondisi tak memungkinkan maka tapian tapian hanya dibawakan seorang datuk (orang yang dituakan) dari kampung," kata Bakti.



(RRN)