Fahira-Sahira Segera Pulang dari Rumah Sakit

Farida Noris    •    Kamis, 16 Nov 2017 12:25 WIB
kembar siam
Fahira-Sahira Segera Pulang dari Rumah Sakit
Sahira dan Fahira pascaoperasi di RSUP H Adam Malik Medan (ist)

Medan: Kondisi kesehatan Fahira-Sahira terus membaikpasca menjalani operasi pemisahan di RSUP H Adam Malik Medan. Keluarga direncanakan membawa Fahira- Sahira kembali ke kampung halamannya pada 19 November 2017 mendatang.

"Keluarga sudah diperbolehkan membawa Fahira-Sahira dari rumah sakit. Rencananya Minggu ini sudah bisa pulang," kata Sekretaris tim yang menangani Fahira-Sahira, Rizky Ardiansyah, Rabu, 16 November 2017. 

Dia mengatakan, proses rawat jalan nantinya, pihak medis akan memberikan surat kontrol satu bulan kepada Fahira-Sahira. Khusus Sahira tetap harus minum obat-obatan khusus jantung. 

"Kondisi Fahira-Sahira sehat, banyak kemajuan dari kondisi sebelumnya. Khusus Sahira tetap harus minum obat untuk jantungnya yang telah mengalami bocor jantung sebelum dilakukan operasi pemisahan," ujarnya.

Baca: Kesehatan Bayi Sahira-Fahira Stabil

Menurut Rizky, tim medis sebenarnya sudah menutup jantung bocor yang dialami Sahira. Tim medis juga membuat lubang kecil agar tekanan pembuluh di paru tidak tinggi. Lubang itu nantinya ditutup menunggu berat badan Sahira sampai 10 Kg.

"Cara menutup lubangnya kita lihat nanti. Mungkin bisa tanpa operasi. Berat badan masing-masing bayi ini sudah lebih 5 Kg," ujar Rizky.

Rizky bilang, kedua bayi perempuan asal Kisaran ini sudah tidak menggunakan alat bantu seperti selang dan oksigen. Begitu juga dengan luka bekas operasi bagian dada-perut, sudah sembuh. 

"Fahira dan Sahira sudah memakan makanan biasa sesuai untuk bayi melalui mulut. Untuk kondisi Fahira sangat bagus, tak ada minum obat seperti Sahira," ungkap Rizky sembari menambahkan kedua bayi masih dirawat di ruang PICU.

Baca: Operasi Pemisahan Fahira-Sahira Melibatkan 50 Dokter Ahli

Seperti diketahui, pelaksanaan operasi pemisahan terhadap bayi kembar siam dempet dada dan perut Fahira-Sahira dilaksanakan di RSUP H Adam Malik Medan pada Senin 16 Oktober 2017. Operasi dilaksanakan pukul 08.30 WIB. Fahira selesai dioperasi pukul 17.10 WIB dan dipindahkan ke ruang PICU. 

Sedangkan Sahira lebih lama hingga pukul 18.45 WIB, sebab tim dokter juga melakukan operasi jantung untuk menutup kebocoran jantung. Usai operasi, Sahira juga dibawa ke ruang PICU. Operasi pemisahan yang melibatkan sedikitnya 50 orang tim medis ini pun berjalan sukses.




(ALB)