14 Orang Tewas karena DBD di Asahan

Budi Warsito    •    Rabu, 26 Oct 2016 12:23 WIB
demam berdarah
14 Orang Tewas karena DBD di Asahan
Nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD. (Media Indonesia/Amiruddin Abdullah)

Metrotvnews.com, Kisaran: Jumlah pasien meninggal akibat demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara bertambah menjadi 14 orang.

Kasi Pemberantasan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Saprin Sanja Hutahaean mengatakan, jumlah pasien meninggal tersebut terjadi dalam rentang Januari hingga Oktober 2016.

"Januari-September, 10 pasien DBD meninggal. Pada Oktober, ada empat yang meninggal. Total 14 orang," jelas Saprin, Rabu (26/10/2016).

Baca: Hingga September, 10 Pasien DBD Asal Asahan Meninggal

Sedangkan jumlah pasien penderita DBD di Asahan meningkat 100 persen. Hingga September 2016, tercatat 299 pasien menderita DBD, dibanding pada 2015 yang terdata 174 pasien.

Jumlah penderita DBD diprediksi terus meningkat. Pasalnya, sebulan terakhir, di RS Wira Husada Kisaran, pasien pengidap DBD mencapai puluhan orang.

Baca: Balita Meninggal Akibat Demam Berdarah

"Pasien DBD yang dirawat di rumah sakit ini cukup banyak. Terdiri dari anak-anak dan dewasa. Dalam kurun waktu selama sebulan peningkatan terjadi cukup signifikan," jelas Nur Afni salah satu perawat di RS Wira Husada.

Baca: Kasus DBD di Brebes Naik Tajam, Empat Meninggal

Sampai saat ini, Afni mengungkapkan, masih ada dua pasien DBD yang dirawat di rumah sakit yang berada di Jalan Kartini No 29 Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara tersebut.  Seluruh pasien tersebut merupakan warga Asahan.


(SAN)