Tiga Perusahaan di Sumut tak Bayar THR Karyawannya

Farida Noris    •    Rabu, 05 Jul 2017 16:01 WIB
tunjangan hari raya
Tiga Perusahaan di Sumut tak Bayar THR Karyawannya
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Sebanyak tiga perusahaan di Sumatera Utara dilaporkan ke Kementerian Tenaga Kerja lantaran tak membayar tunjangan hari raya (THR) pekerjanya. Laporan disampikan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut.

"Sejak posko pengaduan THR kami buka 9 Juni 2017, ada puluhan pekerja yang melapor. Para pekerja ini datang dari tiga perusahaan yang berada di Sumut," kata Ketua FSPMI Sumut Willy Agus Utomo di Medan, Rabu 5 Juli 2017.

Willy mengatakan, tiga perusahaan yang dilaporkan masing-masing PT Karya Delka Maritim (KDM) di Belawan, PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) di Tanjung Kasau, Kabupaten Batubara, dan PT Ace Hadware (AH) di Mall Centre Point, Jalan Jawa, Medan.

"Dari PT KDM ada 17 pekerja yang melapor. Kemudian, dari PT PSU ada tiga orang dan dari PT AH sebanyak satu orang. Para pekerja yang mengadu sama sekali tidak mendapatkan THR," urainya.

Selain itu, lanjut Willy, ada beberapa perusahaan di Kabupaten Deli Serdang yang kurang membayarkan uang THR kepada pekerja. Perusahaan itu juga dilaporkan ke Kementerian Tenaga Kerja dan Dinas Tenaga Kerja Sumut.

"Kita berharap laporan kita ditindak lanjuti. Kemarin, Menaker sudah buka posko pengaduan. Sekarang ini kita tagih janjinya. Disnaker Sumut harus turun segera ke perusahaan yang kita adukan. THR buruh harus diberikan dan perusahaan tetap harus dapat sanksi akibat keterlambatan ini," tegas Willy.


(NIN)