49 Titik Panas Karhutla Membara di Sumatera

Rudi Kurniawansyah    •    Senin, 25 Sep 2017 18:20 WIB
kebakaran lahan dan hutan
49 Titik Panas Karhutla Membara di Sumatera
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Titik panas indikator kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau kembali membara di Sumatera. Sedikitnya terdeteksi sebanyak 49 titik panas karhutla yang tersebar di delapan provinsi di Sumatra.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Kisno mengatakan, berdasarkan hasil pantauan satelit terra dan aqua pada Senin 25 September, pukul 16.00 WIB, dideteksi sebanyak 49 titik panas di Pulau Sumatera.

Titik panas terbanyak terdapat Sumatera Selatan dengan 17 titik, disusul Lampung 11 titik, kemudian Sumatera Barat dan Riau masing-masing sebanyak 5 titik, lalu Bangka Belitung 4 titik panas. Selanjutnya Sumatera Utara dan Jambi masing-masing 3 titik, dan Bengkulu sebanyak 1 titik panas.

"Untuk Riau, sebanyak 5 titik panas terpantau di Kabupaten Pelalawan sebanyak 4 titik, kemudian Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 1 titik panas," jelasnya.

Adapun visibility atau tingkat jarak pandang di Kota Pekanbaru terpantau baik atau sekitar 10 Kilometer (Km), Pelalawan sekitar 9 Km, dan Rengat serta Dumai masing-masing 8 Km.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, dalam penanggalungan Karhutla dan kabut asap pada tahun ini, Riau telah sedari dini sejak Januari lalu menetapkan status siaga darurat Karhutla. Status siaga untuk upaya pencegahan itu kembali dilanjutkan hingga akhir September ini.

"Kami sangat bersyukur bahwa Riau berhasil bebas dari bencana kabut asap. Kedepannya kita akan lebih utamakan lagi upaya pencegahan terjadinya karhutla ini," jelasnya.


(ALB)