Arus Mudik di Bandara Hang Nadim Diprediksi H-10

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 12 Jun 2017 16:49 WIB
mudik lebaran 2017
Arus Mudik di Bandara Hang Nadim Diprediksi H-10
Suasana di Bandara Hang Nadim Batam. Menjelang Lebaran, dua maskapai yaitu Lion Air dan Citilink mengajukan penambahan rute penerbangan. --MTVN/Anwar--

Metrotvnews.com, Batam: Arus mudik Lebaran 2017 di Bandara Hang Nadim Batam diprediksi mulai berlamgsung pada Jumat, 16 Juni 2017. Saat ini arus penumpang masih normal dan belum ada lonjakan. 

General Manager Operational Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan, otoritas bandara mulai melakukan sejumlah persiapan menjelang arus mudik.

"Kami mulai melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk mendirikan posko di Bandara Hang Nadim," kata Suwarso kepada Metrotvnews.com, Senin, 12 Juni 2017. 

Ia menjelaskan, pada 15 Juni atau H-10 Lebaran, otoritas bandara akan mendirikan Posko Gabungan terdiri dari; TNI, Polri, DLLAJR, dan Pramuka. Sedangkan di dalam area bandara, kata Suwarso, juga didirikan posko khusus dijaga oleh petugas bandara atau aviation security (avsec).

"Di kedua posko tersebut, akan ada beberapa petugas yang piket dan secara bergantian melakukan penjagaan. Selain memantau arus mudik, petugas juga melakukan pengamanan di bandara," kata Suwarso.

Saat ini, kata dia, aktivitas dan arus penumpang di Bandara Hang Nadim masih berjalan normal. Belum terlihat adanya lonjakan penumpang. Namun mengantisipasi lonjakan penumpan, dua maskapai yakni Lion Air dan Citilink telah mengajukan penambahan rute penerbangan.

"Lion mengajukan 5 rute tambahan namun yang disetujui oleh Kementerian Perhubungan hanya dua rute, yaitu Padang dan Surabaya. Sedangkan Citilink mendapat persetujuan untuk 4 rute, yakni Padang, Surabaya, Medan, dan Pekanbaru," jelas Suwarso.

Rute tambahan Lion Air tersebut mulai melayani penumpang arus mudik pada tanggal 21 hingga 26 Juni 2017. Adapun untuk layanan arus baliknya yakni tanggal 3 hingga 10 Juli 2017.

Sedangkan rute tambahan Citilink, sambung Suwarso, mulai melayani penumpang arus mudik pada tanggal 23 hingga 26 Juni 2017. Khusus untuk arus balik, mulai tanggal 1 hingga 3 Juli 2017. 

"Di bandara ini, kami melayani beberapa maskapai, yaitu; Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group (Lion Air, Batik Air, Wings Air, dan Malindo), Sriwijaya dan NAM Air. Namun yang mengajukan penambahan rute hanya Citilink dan Lion," ujarnya.

Suwraso menambahkan, otoritas bandara juga melibatkan polisi dan TNI untuk membantu mengatur lalu lintas kendaraan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan maupun penumpang di depan pintu terminal keberangkatan.

"Ini juga yang kami antisipasi agar tidak terjadi kemacetan. Kami akan mengarahkan kendaraan masuk ke lokasi parkir bandara karena areanya lebih luas," ujarnya.

"Prediksi kami untuk arus balik penumpang yakni pada tanggal 2, 3, dan 4 Juli 2017. Kami juga mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan saat arus balik nanti," ujarnya.


(ALB)