Seorang Wanita Dibebaskan Setelah Empat Tahun Terpasung

Budi Warsito    •    Selasa, 05 Sep 2017 16:50 WIB
pasung
Seorang Wanita Dibebaskan Setelah Empat Tahun Terpasung
Masdalifa saat berada di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Mohammad Ildrem, Medan, Sumatera Utara -- MTVN/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Setelah empat tahun hidup dalam pasungan, Masdalifa Boru Silitonga, 36, akhirnya dapat menghirup kebebasan. Lepasnya Masdalifa dari pasungan tak luput dari peran Prananda Surya Paloh (PSP) Foundation.

"Kita prihatin dengan apa yang dialami Masdalifa. Oleh karena itu, kita mengambil tindakan dengan membawanya untuk mendapatkan perawatan," kata Ketua PSP Foundation Gandi Manurung di Rumah Aspirasi PSP, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 5 September 2017.

Gandi menjelaskan, Masdalifa kemudian dibawa Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Mohammad Ildrem untuk mendapatkan perawatan. Apa yang dilakukan pihaknya ini murni untuk menolong Masdalifa, tanpa ada embel-embel apa pun.

"Semoga apa yang kita lakukan bermanfaat untuk Masdalifa dan keluarganya. Mari kita doakam bersama-sama agar Masdalifa kembali sehat seperti semula," imbuh Gandi.

Masdalifa tiba di Medan setelah menempuh 12 jam perjalanan dari Desa Perdamean, Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Ia berangkat ke Medan dengan ditemani keluarga dan anggota DPRD Kota Padang Sidempuan Timbul Simanungkalit.

Timbul menuturkan, apa yang menimpa Masdalifa menjadi pelajaran untuk bersama. Ia berharap, pemerintah lebih memperhatikan masyarakat dengan melengkapai fasilitas pengobatan di daerah.

"Rumah sakit di Padang Sidempuan sebagai rumah sakit rujukan sudah seharusnya memiliki fasilitas rawat inap. Agar masyarakat lainnya yang bernasib seperti Masdalifa bisa tertolong," tandasnya.

Masdalifa terpaksa dipasung keluarganya karena kerap membuat heboh warga sekitar tempat tinggalnya. Selama dipasung, Masdalifa ditempatkan di sebuah gubuk. Keluarga memasungnya karena tidak memiliki biaya untuk berobat.


(NIN)