19 Titik Panas Terpantau di Sumsel

Alwi Alim    •    Senin, 07 Aug 2017 14:55 WIB
kebakaran lahan dan hutan
19 Titik Panas Terpantau di Sumsel
Lahan di Ogan Ilir yang sudah mampu dipadamkan -- MTVN/Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Sebanyak 19 hotspot atau titik panas terpantau di Sumatera Selatan. Masing-masing satu hotspot di Kabupaten Empat Lawang, satu hotspot di Kabupaten Muara Enim, satu hotspot di Musi Rawas, satu hotspot di Musi Rawas Utara, dua hotspot di Banyuasin, dua hotspot di Penungkal Abab Lematang Ilir, dan 11 hotspot di Ogan Ilir.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah menjelaskan, hotspot di Ogan Ilir cukup banyak karena kondisi lahannya tengah terbakar. Kebakaran hutan dan lahan di Ogan Ilir terjadi sejak Sabtu 5 Agustus 2017.

"Api sulit dipadamkan karena di Ogan Ilir lahannya gambut. Jadi, pemadaman total hanya dapat dilakukan dengan hujan deras," kata Iriansyah di Palembang, Senin 7 Agustus 2017.

Iriansyah mengatakan, pihaknya telah berupaya melakukan pemadaman melalui udara maupun darat sejak Sabtu 5 Agustus 2017. Sebanyak tiga helikopter jenis Mil Mi-8, Mil Mi-17, dan Bolkow dikerahkan untuk melakukan water boombing. Sementara, pemadaman melalui jalur darat dibantu Panglima Kodam (Pangdam).

Meskipun api belum dapat dipadamkan, namun karhutla sudah mampu dikendalikan. "Kami belum mengetahui penyebab terbakarnya lahan di Ogan Ilir ini," ujar Iriansyah.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI A.M. Putranto menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan membantu upaya pemadaman karhutla di Desa Arisan Jaya, Kabupaten Ogan Ilir. Jika nantinya pembakar hutan diketahui, pihaknya tidak segan memberikan tindakan tegas dengan melakukan penembakan di tempat.

"Saya ingatkan kepada semua, jangan main-main untuk masalah kebakaran hutan dan lahan, karena ini persoalan harga diri bangsa," pungkasnya.

 


(NIN)