Pesawat Tempur TNI AU RI dan Singapura Latihan di Pekanbaru

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 04 Sep 2017 12:43 WIB
latihan militer
Pesawat Tempur TNI AU RI dan Singapura Latihan di Pekanbaru
Pesawat tempur jenis Tucano milik TNI AU, Ant - Ari Bowo Sucipto

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Pangkalan TNI AU (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, menggelar latihan bersama Singapura. Latihan berlangsung di Bandara Lanud Pekanbaru, Senin 4 September 2017. 

Sebanyak 27 pesawat dari dua negara melakukan latihan. Puncak acara yaitu pada 7 September mendatang.

"Latihan yang melibatkan puluhan pesawat tempur ini dimaksudkan untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadi  Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono kepada Metrotvnews.com, Senin 4 September 2017.

Age mengatakan, dalam latihan bersama ini, Indonesia mengerahkan 11 pesawat tempur F-16. Singapura menurunkan 11 pesawat tempur F-15 ditambah 5 pesawat tempur.

"Dalam latihan ini, ada beberapa formasi yang ditunjukkan para penerbang. Di antaranya membuat formasi angka 50. Pesawat F-16 kita beraksi dengan membuat formasi angka 5 dan diikuti oleh F-15 yang membuat formasi 0," jelas Age.

Ia menambahkan, latihan tempur yang diadakan di Pekanbaru merupakan bagian dari kegiatan puncak yang akan diselenggarakan di Singapura pada 7 September 2017. Latihan tempur antara Indonesia dan Singapura, tambah Age, akan dipusatkan di kawasan Marina Bay, Singapura.

"Pada acara tersebut, akan hadir Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura. Acaranya akan dimulai sekira pukul 02.30 waktu setempat," jelasnya. Latihan tempur yang diadakan kedua negara untuk semakin mempererat hubungan bilateral Indonesia-Singapura yang sudah berlansung selama 50 tahun.

"Dengan latihan ini kita harapkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura semakin baik," ujarnya. Puncak kegiatan yang diadakan di Singapura pada 7 September nanti akan berlanjut ke Bandara Roesmin Nurjadin Pekanbaru. 

Age menjelaskan, dua pimpinan tertinggi di angkatan udara baik Indonesia maupun Singapura nantinya akan naik ke pesawat tempur masing-masing, yakni F-16 dan F-15 untuk melakukan penerbangan dari Marina Bay Singapura ke Bandara Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Kedua petinggi angkatan udara di kedua negara ini landingnya nanti di Bandara Roesmin Nurjadin setelah pelakanaan acara di Singapura," pungkasnya.


(RRN)