Jelang Pilkada, KPU Tanjungpinang Dijaga Polda Kepri

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 16 Aug 2017 02:21 WIB
pilkada 2018
Jelang Pilkada, KPU Tanjungpinang Dijaga Polda Kepri
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Batam: Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengungkapkan kesiapan jajarannya mengamankan Pilkada Kota Tanjungpinang 2018. Pilkada Tanjungpinang adalah satu-satunya pilkada serentak 2018 yang berlangsung di Kepri.

Kesiapan jajaran Polda Kepri tersebut ditegaskan Sam Budigusdian dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Semester 1 seluruh jajaran Polda Kepri di Batam, Selasa 15 Agustus 2017.

"Karena ini pilkada satu-satunya di Kepri, maka akan kami jaga sebaik-baiknya jangan sampai hal sekecil apapun menjadi besar yang dapat menganggu ketertiban di Kepri," kata Sam.

Ia menyatakan, KPU Tanjungpinang harus dijaga supaya mereka dapat bekerja secara maksimal selama satu tahun menjalankan proses pilkada agar berjalan sukses.

"Jajaran Polda akan turut mengawasi semua tahapan pilkada agar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami juga berharap KPU Tanjungpinang dapat bekerja dengan baik agar proses pilkada berjalan sebagaimana mestinya," tegas Sam.

Di tempat sama, Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, memaparkan sejumlah tahapan pilkada yang mengacu kepada Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pilkada.

Disebutkan, proses rawan dalam pilkada adalah pada saat pendaftaran calon, penetapan calon, proses penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), proses pemungutan suara, rekapitulasi di TPS, kecamatan sampai di tingkat KPU kota.

Terkait dengan tahapan kampanye calon kepala daerah-calon wakil kepala daerah pada Februari hingga 24 Juni 2018, Robby berharap agar mendapatkan perhatian serius dari Polda Kepri. Tahapan tersebut, kata Robby, juga terbilang rawan.

"Alhamdulillah, kita sudah berkoordinasi dengan Polres Tanjungpinang terkait tahapan tersebut. Dan hari ini kami berkoordinasi dan memaparkan tahapan pilkada di Polda. Polri berkomitmen akan menjaga proses pelaksanaan pilkada agar berlangsung baik, aman, dan lancar," pungkasnya. 

Pilkada Kota Tanjungpinang akan berlangsung pada Juni 2018. Beberapa bakal calon wali kota-wakil wali kota sudah mencuat ke permukaan. Nama-nama bakal calon tersebut, di antaranya; Lis Darmansyah (petahana), Syahrul (wakil wali kota), Ade Angga (Ketua DPD Partai Golkar Tangjungpinang), dan Ing Iskandarsyah (Anggota DPRD Kepri). 
 


(RRN)