55 Kecelakaan Terjadi pada Januari-Juli 2017 di Perlintasan KA Medan

Farida Noris    •    Sabtu, 22 Jul 2017 17:25 WIB
kecelakaan kereta
55 Kecelakaan Terjadi pada Januari-Juli 2017 di Perlintasan KA Medan
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Tercatat ada 55 kasus kecelakaan di palang pintu perlintasan resmi dan tidak resmi di Medan, Sumatera Utara, pada Januari-Juli 2017. Kecelakaan disebabkan pengguna jalan tidak disiplin saat melewati perlintasan.

"Pengguna jalan kerap membuka perlintasan liar tidak resmi, melanggar pintu yang sudah tertutup, serta tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kecelakaan juga disebabkan pengendara tidak tengok kanan-kiri," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara Ilud Siregar di Medan, Sabtu 22 Juli 2017.

Ilud mengatakan, perlu adanya peran serta masyarakat untuk menjamin keselamatan di perlintasan kereta api. Pengguna jalan juga harus menaati aturan dan norma yang berlaku.

"Selain itu, tidak mendirikan bangunan di jalur kereta api. Masyarakat sebaiknya tidak menempatkan atau menaruh barang berbahaya di jalur kereta api," terangnya.

Pada Undang-undang Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, jelas menyatakan bahwa pembangunan perpotongan sebidang wajib mendapat izin dari pemilik prasarana perkeretaapian. Untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, pemerintah atau pemerintah daerah sesuai kewenangannya melakukan evaluasi secara berkala.

"Evaluasi dilakukan terhadap perpotongan sebidang dan berdasarkan hasil evaluasi tersebut pemerintah atau pemerintah daerah sesuai kewenangannya dapat menutup perpotongan sebidang dimaksud. Dan dalam Pasal 38 Undang-undang 23 Tahun 2007 menyatakan ruang manfaat jalur kereta api diperuntukan bagi pengoperasian kereta api dan merupakan daerah yang tertutup untuk umum," pungkasnya.


(NIN)