Jembatan Darurat Dibangun Buka Jalur ke Aceh Singkil

Nurul Fajri    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:48 WIB
bencana banjir
Jembatan Darurat Dibangun Buka Jalur ke Aceh Singkil
Banjir merendam delapan kecamatan di Aceh Singkil, Metro TV

Metrotvnews.com, Aceh Singkil: Meluapnya air sungai Cinendang karena hujan deras mengakibatkan jembatan di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, putus. Jembatan Pancang Dua di Kecamatan Singkil Utara juga dilaporkan nyaris roboh.

"Kendaraan besar tidak bisa melintas (jembatan), hanya kendaraan roda dua dan empat," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Singkil, Sulaiman, kepada Metrotvnews.com, Rabu (30/11/2016).

Arus deras akibat luapan sungai membuat sejumlah jembatan penghubung desa putus. Sebelumnya, jalan nasional di Desa Ketapang Indah, ambles. Badan jalan tergerus derasnya arus banjir sepanjang lima meter. Ini membuat arus transportasi lumpuh.

Baca: Banjir Aceh Singkil Terparah Sejak 2000

Sejak kemarin, kata Sulaiman, pihaknya sudah membuat jembatan darurat dari pohon kelapa di atas badan jalan ini. Hingga kini, jembatan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

"Hanya di Desa Ujungbawang yang belum bisa dilintasi kendaraan, jadi bantuan terpaksa kita angkut dengan boat," kata dia.

Selama empat hari terakhir, banjir melanda enam kecamatan di Aceh Singkil. Dapur umum sudah didirikan untuk memenuhi kebutuhan logistik masyarakat. Sulaiman mengatakan tidak ada desa yang terisolasi akibat banjir ini.


(UWA)