TNI akan Ikut Memelototi Ancaman Narkoba dan Terorisme

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 05 Oct 2017 13:52 WIB
hut tni
TNI akan Ikut Memelototi Ancaman Narkoba dan Terorisme
Defile pasukan saat perayaan Dirgahayu ke-72 TNI di Jl Gajah Mada Kota Pekanbaru. MTVN/Anwar

Metrotvnews.com, Pekanbaru: TNI menyatakan komitmennya menjaga kedaulatan NKRI dari berbagai ancaman. Tak hanya ancaman militer dari negara lain, tetapi juga ancaman bersifat nonmiliter. Ancaman itu seperti, peredaran narkoba dan penyelundupan bahan/barang berbahaya, terorisme, proxy war, dan lainnya. 

"Ancaman bersifat militer dari negara lain sangat kecil kemungkinannya terjadi. Namun kami tetap waspada. Justru ancaman terbesar yang dihadapi saat ini adalah Poleksosbudhankam," kata Kepala Staf Korem (Kasrem) 031/Wira Bima, Kolonel CZI I Nyoman Parwata, seusai HUT ke-72 TNI di Jl Gajah Mada, Pekanbaru, Kamis, 5 Oktober 2017.

Ancaman tersebut, ungkap I Nyoman Parwata, antara lain peredaran narkoba, penyelundupan bahan/barang berbahaya, terorisme, proxy war, termasuk bencana alam dan lainnya. 

"Selain melaksanakan tugas operasi militer, kami juga berperan dalam menciptakan stabilitas nasional, pertahanan dan keamanan negara, serta mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya. 

Jika ada upaya yang mencoba mengancam pertahanan dan keamanan negara, serta kesejahteraan rakyat, termasuk di wilayah Provinsi Riau, tegas Kasrem, maka TNI akan bertindak tegas.

Ia menyatakan, sejauh ini tidak ada tindakan atau ancaman, terutama dari luar, yang dapat mengganggu wilayah Provinsi Riau, meski wilayahnya berada di wilayah perbatasan dengan negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura. 

"Seluruh jajaran, mulai dari TNI Angkatan Laut, Udara, dan Darat melaksanakan tugas dengan baik. Kami terus berkoordinasi dalam meningkatkan kewaspadaan, dan pertahanan dan keamanan wilayah," tegasnya. 

Turut mendampingi Kasrem 031/WP, yakni Kolonel Radar S, Komandan Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin dan Letkol Saiful S, Pelaksa Lanal Dumai.

Upacara peringatan HUT ke-72 TNI di Pekanbaru berlangsung khidmat dan meriah. Selain diisi dengan defile pasukan TNI AD, AL, AU, Polri, dan lairnya, peringatan HUT TNI kali ini juga dimeriahkan dengan teaterikal dari para pelajar Pekanbaru. 

Upacara HUT TNI kali ini juga diwarnai oleh aksi flypast 3 pesawat Hawk 200 TNI AU dan aksi paramotor dari prajurit Lanud Roesmin Nurjadin dan Polda Riau. Turut hadir dalam upacara ini, Kapolda Riau, Sekdaprov Riau, Wali Kota Pekanbaru, dan tamu undangan lainnya. 


(ALB)