Speedboat Karam di Banyuasin, 11 Orang Hilang

Eko Prasetyo Jaya    •    Kamis, 04 Jan 2018 17:48 WIB
kapal tenggelam
Speedboat Karam di Banyuasin, 11 Orang Hilang
Ditpolair Polda Sumsel saat mengevakusi satu korban Speedboat Awet Muda. Foto:Ditpolair Sumsel

Palembang: Sebuah speedboat, kecelakaan di perairan Tanjung Seri Bagan 13, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan Rabu 3 Januari malam. Akibatnya 2 penumpang ditemukan tewas dan 11 orang lainnya hilang.

Direktur Polisi Air (Dirpolair) Polda Sumsel, Kombes Pol Robinson DP Siregar mengatakan, speedboat dengan nama layar "Awet Muda" tersebut kecelakaan saat bertolak dari Primer 2 Karang Agung Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menuju kota Palembang. 

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kecelakaan. Dugaan sementara speedboat terbalik setelah dihantam ombak besar. Speedboat mengangkut sebanyak 55 penumpang yang kebanyakan pedagang pasar kalangan. 

"42 lainnya selamat dan sudah dievakuasi. Sementara 11 penumpang hingga pagi tadi masih dalam pencarian," kata Robinson saat dikonfirmasi.

Menurut Robinson, kerasnya hantaman ombak membuat badan speedboat patah hingga terbelah. Saat itulah, penumpang yang diduga tengah ketiduran tidak sigap hingga akhirnya tenggelam dan terpencar. 

"Upaya evakuasi dan pencarian masih kami lakukan hingga pagi ini. Untuk korban yang tenggelam, sudah dibawa ke RS Bhayangkara Palembang," katanya. 

Robinson mengatakan pihaknya juga masih memintai keterangan dari saksi dan korban untuk mengetahui kronologis kejadian. "Data lebih lanjut masih kami kumpulkan dengan memintai keterangan saksi. Kejadiannya masih kami dalami," ucapnya. 

Termasuk juga identitas lengkap penumpang speedboat masih dalam pengembangan. "Itu juga masih kami kumpulkan," ujarnya.


(ALB)