Petugas Dishub Binjai Pekerjakan Warga Tarik Pungli

Farida Noris    •    Rabu, 19 Oct 2016 17:09 WIB
pungutan liar
Petugas Dishub Binjai Pekerjakan Warga Tarik Pungli
Ilustrasi. Foto: MI/Bary F.

Metrotvnews.com, Medan: Tindakan petugas Dinas Perhubungan di Kota Binjai tak pantas ditiru. Lelaki berinisial MT ini memerintahkan warga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap truk yang melintas di Jalan Labu, Paya Roba, Binjai Barat, Binjai, Sumut. 

"Polisi menangkap warga berinisial RS dan seorang petugas honorer Dinas Perhubungan Kota Binjai berinisial MT yang diduga telah melakukan pungli terhadap truk yang melintas," kata Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu, Rabu (19/10/2016).

Menurut Rendra Salipu, petugas menangkap RS dan MT dan barang bukti uang Rp49 ribu yang diduga hasil pungli ke Mapolres Binjai untuk menjalani pemeriksaan. Polisi masih mendalami peran keduanya dalam kasus ini.

Penangkapan keduanya dilakukan setelah polisi menerima laporan dari sejumlah sopir truk resah dengan adanya warga yang melakukan pungli saat mereka melintas di Jalan Labu. Laporan itu diselidiki petugas Satreskrim Polres Binjai.

Polisi lantas menangkap RS yang tengah meminta setoran. Namun, RS mengaku diperintah petugas Dishub yang memiliki posko tak jauh dari lokasi pungli. Lalu, petugas menangkap MT yang berseragam Dishub Kota Binjai. Dia sempat membantah telah memerintahkan warga melakukan pungli.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Sarana Angkutan Darat Dishub Binjai, Sarjiayan, mengatakan pos sementara di kawasan Jalan Labu itu sengaja didirikan untuk pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Dia membantah pos itu untuk mengutip retribusi. 

"Itu pos sementara untuk mengatur lalu lintas karena Jalan Umar Baki rusak dan ada perbaikan jembatan, makanya kendaraan dialihkan ke Jalan Labu. Soal itu (pungli), kita tak tahu. Di Dishub tidak ada," kata Sarjiayan.


(UWA)