Jaksa Sumut Tetap Tuntut Terdakwa Sakit Jiwa

Farida Noris    •    Senin, 17 Jul 2017 15:25 WIB
kasus narkoba
Jaksa Sumut Tetap Tuntut Terdakwa Sakit Jiwa
Budi Bewok saat dibawa ke Pengadilan Negeri Medan, Kamis (13/7/2017). (Metrotvnews.com/Farida)

Metrotvnews.com, Medan: Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tetap akan menyidangkan perkara Budi Santoso alias Budi Bewok, 37, yang mengalami sakit jiwa. Warga Jalan Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur ini akan menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan dalam kasus narkoba.

Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian, mengatakan, sidang akan digelar pada Kamis 20 Juli 2017. Alasan persidangan tetap digelar lantaran selama proses penyidikan hingga pelimpahan tahap dua dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut ke Kejati Sumut kondisi Budi Bewok normal.

"Tetap kita sidangkan dengan agenda penuntutan," kata Sumanggar Siagian, Senin 17 Juli 2017.

Baca: Petugas Rutan Bawa Pria Tak Waras ke Pengadilan Negeri Medan

Menurut Sumanggar, saat sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan dilanjutkan pemeriksaan saksi, kondisi Budi Bewok normal seperti terdakwa pada umumnya. Perubahan sikap Budi Bewok, kata Sumanggar, baru terlihat pada sidang ketiga.

"Harusnya itu sidang ketiga dengan agenda tuntutan. Tapi karena kondisinya seperti itu, makanya kita tunda. Selama tidak ada penetapan untuk penghentian perkara dari majelis hakim, kejaksaan tetap melakukan penuntutan hukum kepada terdakwa," bebernya.

Terdakwa merupakan tangkapan Direktorat Reserse Narkoba Poldasu dengan sangkaan pasal 114 ayat 2 sub 112 ayat 2 UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika bukan tumbuhan dan tanaman. Dia dititipkan Jaksa ke Rutan pada 4 Mei 2017 lalu. 

Pada Kamis, 13 Juli 2017, petugas Rutan Tanjung Gusta Medan membawa Budi Bewok ke PN Medan untuk mengambil surat pembantaran. Penundaan penahanan sementara Budi ke RS Jiwa milik Pemprov Sumut.



(SAN)