Banjir Rendam 150 Rumah di Deliserdang

Farida Noris    •    Sabtu, 03 Sep 2016 15:15 WIB
banjir
Banjir Rendam 150 Rumah di Deliserdang
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Ratusan rumah di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terendam banjir. Banjir tahunan ini diperparah dengan hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak Jumat 2 September 2016.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deliserdang, Zainal Abidin, menyatakan ada 150 rumah yang terdampak banjir. Ketinggian air mencapai 1,5 meter. 

"Banjir yang merendam rumah warga masih tinggi. Sebenarnya ini banjir tahunan. Tetapi, karena hujan deras, apalagi perumahan itu dibelah Sungai Batangkuis, maka banjir semakin tinggi," jelas Zainal Abidin, Sabtu (3/9/2016)

Menurut Zainal, warga yang rumahnya terkena banjir terpaksa mencari tempat yang lebih tinggi untuk berlindung. Curah hujan yang diperkirakan terus meningkat dalam beberapa hari ini juga dikhwatirkan membuat banjir semakin tinggi.

"Memang kalau hujan terus, kawasan itu cukup parah terkena banjir. Warga masih menyelamatkan barang-barang mereka dengan mengangkatnya ke lokasi yang tidak terkena banjir," ujarnya.

Pihaknya bersama kepala desa juga telah mendirikan tempat evakuasi. Tak hanya itu, tak jauh dari lokasi banjir, juga dibuat dapur umum untuk membantu warga yang rumahnya terendam banjir. 

"Warga juga membuat dapur umum. Tim bersama kepolisian sudah turun ke lokasi untuk memberikan bantuan. Selain itu sudah dibuat posko pengamanan bagi warga yang tidak dapat menempati kediamannya," ujar dia.


(UWA)