Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut

Farida Noris    •    Sabtu, 08 Oct 2016 17:44 WIB
cuaca buruk
Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprakirakan Oktober ini memasuki puncak musim hujan. Tak hanya itu, hujan lebat juga akan disertai dengan angin kencang.

"Hujan lebat diprakirakan terjadi malam ini dan besok dengan intensitas di atas 50 milimeter. Ini bersifat secara umum," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi, Sabtu (8/10/2016) 

Sunardi mengatakan hujan lebat dan angin kencang akan melanda sejumlah daerah di Sumut seperti Kota Medan, Binjai, Lubukpakam, dan Stabat. Kecepatan angin sekitar 40 kilometer per jam atau 20 knot. Sedangkan pada Minggu 9 Oktober, kecepatan angin mencapai 30 knot atau sekitar 60 kilometer per jam.

"Biasanya, angin kencang ini akan terjadi pada saat terjadinya hujan. Ini hanya berdasarkan rata-rata di satelit. Jadi, dalam penerapannya tidak sama persis. Ini rata-rata maksimum. Tapi enggak seluruh Sumatera Utara seperti ini," tuturnya.

Menurutnya, angin kencang berpotensi terjadi di inti kota dan daerah pinggiran. Namun lebih tepatnya, mereka akan mengeluarkan imbauan cuaca ekstrim ketika hal tersebut akan berlangsung. 

"Itulah nanti rilnya di lapangan. Nanti kita infokan persisnya saat radar merekam potensi itu. Dengan adanya potensi ini, BMKG mengimbau pemerintah maupun masyarakat dapat mewaspadai berbagai potensi yang akan terjadi pada puncak musim hujan ini," kata Sunardi.


(UWA)