Warga Terjangkit Diare di Simalungun Berangsur Pulih

   •    Jumat, 21 Apr 2017 11:10 WIB
diare
Warga Terjangkit Diare di Simalungun Berangsur Pulih
Ilustrasi Antara

Metrotnews.com, Simalungun: Warga Dusun Manik Huluan, Nagori (Desa) Sait Buttu Saribu, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang terjangkit diare massal dan dirawat di RSUD Rondahamin, kondisinya berangsur pulih.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun, Serubabel mengatakan, secara mendadak dengan total kira-kira 150 warga Dusun Manik Huluan, terjangkit diare. Awalnya, para warga itu dirawat secara darurat di ruang kelas SD Negeri setempat, untuk selanjutnya atas perintah Bupati Simalungun, JR Saragih dirujuk ke Puskesmas Pamatang Sidamanik.

"Sebanyak 42 orang di antaranya dirujuk lagi ke RSUD milik Pemkab Simalungun di Kecamatan Raya untuk perawatan intensif, dan sebagian sudah bisa pulang," kata Serubabel seperti dikutip Antara, Jumat 21 April 2017.

Baca: 141 Warga Simalungun Menderita Diare

Serubabel mengatakan Dinas Kesehatan sudah mengirimkan sampel air yang diduga penyebab keracunan ke laboratorium, dan hasilnya akan diperoleh seminggu kemudian.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dinas Kesehatan mengimbau warga setempat untuk tidak mengkonsumsi air dari umbul yang dimanfaatkan saat ini.

"Ada sumber air dari umbul lainnya, dan PDAM Tirta Lihou juga memasok kebutuhan air bersih ke pemukiman warga," kata Serubabel.

(ALB)