Akhir Agustus, NasDem Bahas Cagub Sumut

Budi Warsito    •    Senin, 07 Aug 2017 15:34 WIB
pilkada 2018
Akhir Agustus, NasDem Bahas Cagub Sumut
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Partai Nasional Demokrat (NasDem) belum bersikap mengenai Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018. Partai berencana membahas gubernur yang akan diusung tahun depan pada akhir Agustus 2017.

Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung mengatakan penentuan sikap disampaikan setelah Rapat Koordinasi Khusus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dengan DPD Partai NasDem Se-Sumut yang digelar kemarin di Kantor DPW Partai NasDem Sumut, Jalan Mongonsidi, Medan, yang berlangsung Jumat 4 Agustus 2017 kemarin.

"Jadi nama-nama yang sudah mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah dan Gubernur Sumut akan dijaring pada waktu itu," kata Martin, saat dikonfirmasi via telepon, Senin 7 Agustus 2017.

Partai NasDem membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah pada 15 Juni hingga 31 Juli 2017. Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, NasDem juga membuka pendaftaran kepala daerah untuk delapan kabupaten dan kota.

Beberapa nama yang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon gubernur Sumut melalui NasDem diantaranya pengusaha Ade Sandrawati Purba, mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin, dan Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi. Mereka belum mengembalikan formulir dan berkas pendaftaran.

NasDem memiliki 5 kursi di DPRD Sumut. Artinya, NasDem harus berkoalisi. Sebab KPU Sumut mewajibkan partai yang bisa mengusung calon tanpa koalisi bila memiliki 20 kursi di DPRD Sumut.


(RRN)