RS di Sumut Diminta Gunakan Sistem Online

Farida Noris    •    Selasa, 15 Aug 2017 10:17 WIB
proyek rumah sakit
RS di Sumut Diminta Gunakan Sistem Online
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Rumah sakit di Sumatera Utara masih minim menggunakan sistem informasi berbasis online. Padahal, sistem online ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi terkait rumah sakit.

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sumut Azwan Hakmi Lubis mengatakan, baru beberapa rumah sakit di Medan yang menerapkan sistem online. Namun, informasi yang disajikan rumah sakit belum update.

"Sistem online sangat dibutuhkan, khususnya bagi pasien, agar lebih mudah mendapatkan informasi serta mempermudah rujukan pasien antarrumah sakit. Jadi, pasien tidak perlu datang jika ternyata rumah sakit penuh," kata Azwan di Medan, Selasa 15 Agustus 2017.

Menurut Azwan, sudah seharusnya seluruh rumah sakit menerapkan sitem online. Apalagi, saat ini, Sumut sudah memiliki 119 (panggilan kegawatdaruratan) yang sangat membutuhkan informasi dari rumah sakit.

Searusnya, lanjut Azwan, sistem online menjadi prasyarat bagi rumah sakit yang akan mengurus akreditasi. Ke depan, Dinas Kesehatan juga harus mengeluarkan instruksi agar masing-masing rumah sakit di Sumut dapat menerapkan sistem online.

"Sejauh ini, sejumlah rumah sakit belum menerapkan sistem online karena terkendala aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS)," pungkasnya.


(NIN)