KPU Ingatkan Parpol Baru Persiapkan Pendaftaran Pemilu 2019

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 18 Sep 2017 16:43 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Ingatkan Parpol Baru Persiapkan Pendaftaran Pemilu 2019
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Batam: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, mengingatkan partai politik agar mempersiapkan pendaftaran ke KPU pada Oktober mendatang untuk menjadi peserta pemilu. Pendaftaran partai politik (parpol) akan dimulai Oktober 2017. Pendaftaran di tingkat pusat maupun daerah dilakukan serentak.

"Nantinya, pendaftaran parpol menggunakan sistem informasi partai politik (sipol) dengan cara mengisi administrasi melalui sistem yang sudah disiapkan," ungkap Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria kepada Metrotvnews.com, Senin, 18 September 2017. 

Setelah mengisi pendaftaran di sipol, kata Robby, parpol kemudian mencetak formulir pendaftaran tersebut, lalu disampaikan ke KPU daerah.

KPU Tanjungpinang berharap agar partai baru yang ada di daerah berjuluk Kota Gurindam itu segera melaporkan ke KPU supaya memudahkan dalam berkomunikasi dengan KPU.

"Karena dalam waktu dekat KPU Tanjungpinang akan melakukan sosialisasi pendaftaran sipol tersebut," kata Robby.

Lebih lanjut, ia mengatakan, setelah parpol menyerahkan berkas adminitrasi, maka KPU akan mengecek jumlah anggota sebagaimana peraturan Undang-undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017, yakni kartu tanda anggota harus 1:1.000 jumlah penduduk di wilayah setempat. 

Misalnya, jelas Robby, jika penduduk Tanjungpinang 207.000 jiwa, maka kartu anggota setiap parpol harus 207 pemegang KTA. Dan KPU akan mengecek jumlah KTA tersebut di lapangan.

"KPU akan melakukan sosialisasi terkait pendaftaran parpol setelah Komisioner KPU Tanjungpinang kembali dari Medan mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh KPU Pusat, mulai tanggal 19-21 September 2017," katanya.

Setelah seluruh berkas dan persyaratan administrasi parpol baru tersebut terkumpul, selanjutnya akan diproses dan diverifikasi oleh KPU Pusat. "Nantinya KPU Pusat yang akan memverifikasi dan menetapkan parpol-parpol baru mana saja yang dinyatakan lolos untuk menjadi peserta pemilu 2019," ujarnya.


(ALB)