Pemberian Marga buat Kahiyang Bakal Dihadiri Raja-Raja Mandailing

Farida Noris    •    Senin, 20 Nov 2017 17:58 WIB
jokowi mantu
Pemberian Marga buat Kahiyang Bakal Dihadiri Raja-Raja Mandailing
ILUSTRASI: Petugas memasang foto putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kanan) dengan Bobby Nasution (kiri) di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah/Antara/Maulana Surya

Medan: Acara pemberian marga atau mangalehan marga kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan digelar pada Selasa 21 November 2017. Para pengetua adat dan raja-raja Mandailing, terutama dari marga Nasution dan Siregar, akan menjadi bagian dari prosesi adat tersebut.

"Jadi acara pemberian marga kepada Kahiyang besok bukan hanya dihadiri oleh keluarga, tapi juga para pengetua adat dan raja-raja Mandailing," kata Doli Sinomba Siregar selaku Paman Bobby yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan acara tersebut, Selasa 21 Oktober 2017. 

Doli menyebutkan, acara bakal melibatkan semua raja-raja di Padang Lawas Utara. Di situ terhimpun marga Hasibuan, Harahap, Siregar, dan lain-lain, yang akan menghadiri acara pemberian marga di Jalan Suka Tangkas, Medan Johor.

"Jadi kami undang untuk acara besok. Begitu juga pihak Nasution. Yang pasti, raja-raja Mandailing dibawa mereka. Bobby ini dibesarkan secara adat Tapanuli Selatan. Karena Kahiyang bersuku di luar Tapanuli Selatan, tentu kami bertanggung jawab memberikan marga supaya pesta adat bisa sukses," jelasnya.



(ALB)